Senin, 03 September 2012

Overland Phuket - Penang

minivan yang mengantar kami ke Penang - diambil dari article.wn.com

Pada hari keempat ini saya pisah dengan teman saya. Dia sekeluarga kembali ke jakarta, sementara saya melanjutkan perjalanan ke penang.

Jam 07.15, sebuah minivan yang sudah kami pesan (berbarengan dengan pesan tour), menjemput kami untuk mengantar kami ke Penang. Tiket minivan ke Penang seharga 1300THB/orang, dengan waktu tempuh 12 jam.

Saya sempat gondok 2x saat ini. Gondok yang pertama soal posisi duduk di minivan. Saya sudah pesan posisi di belakang sopir, ternyata pesanan itu gak ngaruh sama sekali. Tergantung siapa yang dijemput duluan, disitu mereka bisa nyari posisi. Karena saya dijemput terakhir di wilayah patong (yang beneran terakhir seorang wanita Jerman yang dijemput di Phuket Town), jadinya posisi saya di barisan paling belakang.

Ditengah perjalanan, setelah sekitar 3-4 jam perjalanan, minivan singgah di Krabi, di suatu tempat pemberhentian minivan di dalam kompleks perumahan. Beberapa penumpang turun di situ, dan juga ada 1 orang yang naik. Kami sempat mampir ke toilet di sini. Lumayan..soalnya pemberhentian berikutnya sekitar 4 jam lagi ternyata.
Sopir minivan tidak terlalu bisa bahasa Inggris. Jadi saat berhenti pertama kali ini, saya hanya bilang toilet. Untung "toilet" termasuk kata-kata yang dia ngerti.

Pemberhentian berikutnya mirip dengan lapangan parkir swalayan. Kami beli sate nugget dan kentang goreng sebagai pengganti makan siang. Saya juga sempat beli minipao isi kelapa (kali ini ada gambarnya). Hampir saja saya beli pia isi duren gara-gara tidak ada gambar durennya (hanya ada gambar pia). Untung sempat nanya sebelum bayar.

Pemberhentian terakhir di Hat Yai. Di sini kami harus oper ke minivan lain yang kondisinya jauh lebih bagus daripada yang pertama tadi. Dan juga lebih besar. tinggal 4 jam perjalanan lagi untuk sampai di Penang.

bagian dalam minivan - diambil dari detiktravel

Dan seperti biasa, di daerah perbatasan kami harus naik turun mobil untuk melewati imigrasi sebanyak 2x. Pertama imigrasi Thailand, yang kedua imigrasi Malaysia.
Disini hampir saja ada kejadian, gara2 kartu imigrasi yang harus diisi saat datang ke Bangkok terpisah dari paspor saya. Untung aja ketemu, kalo gak entah gimana.
tips
jangan membuang kertas apapun yang dari imigrasi sebelum kita pulang dan sampai di rumah.

mejeng di depan imigrasi Malaysia

Sekitar jam 8 malam kami sampai di penang, di Georgetown. Tepatnya di Chulia street. Ini gondok saya yang ke 2. Konfirmasi di awal minivan akan berhenti di malaysia hotel (tempat saya janjian ketemu dengan Khim), ternyata di Chulia Street. Jadinya saya jalan agak lumayan (harusnya sih gak teralu jauh, tp karena ransel ini berat akibat shopping time di Thailand, jadinya lumayan berasa).