Senin, 03 September 2012

Overland Bangkok - Phuket (Patong Beach)

bus yang mengantar kami ke phuket


Saya booking tiket bus bangkok - phuket di Charlie Tour secara online, dengan harga tiket 850THB/orang (sudah termasuk service fee mereka.). Bus ini akan berangkat dari Southern Bus Terminal untuk menuju Phuket  (terminal 2).
Di Southern Bus Terminal banyak bus yang akan berangkat ke luar kota. Saat menuju platform tempat bus kami parkir, saya sempat baca, ada bus yang menuju Krabi, Pattaya, dan kota-kota lainnya.

bagian depan southern bus terminal


Kondisi bus cukup nyaman, sehingga saya sudah bisa membayangkan bakal tidur nyenyak selama 12 jam ke depan ^^
Jadwal bus berangkat jam 18.30, sehingga kami masih punya kesempatan mandi atau makan malam dulu. Saya sih tidak makan lagi. Late lunch di MBK tadi masih berasa (kami baru makan jam 2 lewat), jadi sekalian irit kami memutuskan untuk tidak makan malam.

ruang tunggu penumpang

Kami memilih posisi duduk dekat platform tempat bus kami nanti akan berangkat. Nomor platform ini terdapat pada tiket bus.

yups..bus kami stand by di platform 42


Kami mandi di toilet umum terminal. Lumayan lah buat menyegarkan diri sebelum tidur di bus. Kondisi toilet juga lumayan bersih untuk sekelas toilet umum terminal. untuk mandi, biayanya 10THB/orang. Saya juga sempat repacking biar jadi 1 tas aja, akibat belanja souvenir tentengan jadi agak banyak.

toilet di southern bus terminal


Jam 18.30 lebih dikit, bus mulai bergerak meninggalkan terminal. Di dalam bus, kami dibagi air mineral 1 botol/orang, kue dalam kotak, dan tissue basah.

Perjalanan bangkok - phuket menghabiskan waktu sekitar 12 jam. Di tengah malam, bus akan berhenti sekitar 30 menit di tempat pemberhentian (seperti bus malam jakarta - wonosobo). Di sini akan ada pergantian sopir, kita juga bisa ke toilet dan belanja2 cemilan (baik untuk oleh-oleh maupun utk ngemil sendiri selama perjalanan). Karena gak familiar dengan tulisannya, sementara gambar pada kardus hanya mencerminkan rasa (gambar kelapa atau durina atau mangga), jadinya saya tidak beli apa-apa di sini. Ditambah lagi saya lebih tergoda untuk tidur daripada ngemil.
suasana di tempat pemberhentian bus

toilet free of charge

Dan akhirnya, jam 07.00 bus memasuki terminal 2 Phuket.

Kalau ingin naik taksi ke patong beach, tarifnya 500THB. Kami sempat ditawari taksi tidak resmi, dengan harga 450THB. Hanya saja karena kami tidak perlu buru-buru ke patong (check in baru bisa dilakukan di jam 14.00), maka kami memutuskan untuk naik bus saja ke patong.

Bus ke patong hanya ada dari terminal 1, sehingga kami harus naik angkutan pink dari terminal 2 ke terminal 1, seharga 10THB/orang (anak-anak gratis). Di terminal 1 ini juga ada bus yang menuju Kata dan Karon, dan ada juga bus ke airport.

angkutan ke terminal 1

Bus ke patong baru ada sekitar jam 8.30. Sungguh menjengkolkan untuk nunggu segitu lama apalagi euforia liburan masih begitu ganasnya. Tarif bus 35THB/orang (anak-anak gratis selama dipangku).

Bus langsung berangkat tanpa peduli berapa helai penumpang di dalamnya, karena ternyata nanti dia akan ngetem lagi di daerah yang semacam pasar. Di situ kami sempat turun untuk beli kue khas Thailand. Saya  habis sekitar 17THB untuk semua kue itu (pssstt kue pilihanku masih bisa diterima lidah orang Indo..pilihan temanku bikin muntah-muntah yang makan qiqiqiqi).

Termasuk ngetem, perjalanan phuket town ke patong beach memakan waktu sekitar 1 jam (ngetemnya cukup lama di situ). Dan bus akan berhenti persis di depan Jungceylon Mall di kawasan patong beach.


Dari mall ini, kami berjalan ke hotel kami yang hanya berjarak 5 menit.

Biaya utk 2 org         THB
tiket bus bkk - phuket 1700       @850THB
angkutan terminal 2 - terminal 1 20       @10THB
bus phuket town - patong beach  70          @35THB
mandi 20       @10THB



Dituis oleh Octaviani

4 komentar:

  1. mau tanya...kalo naik bus ke patong..apa ngak ada maslah kalo bawa bagai skitar 20kg?

    BalasHapus
  2. permisi mba, mau tanya..

    charlie tour itu alamatnya dimana ya? terus pas mesen, tiketnya langsung dikirim apa gimana ya?

    Mohon infonyaa.. :)

    Terima Kasiihh

    BalasHapus
  3. Just info, ada juga transportasi dari patong kembali ke airport. Lokasi shuttle nya ada di belakang junceylon mall. Ada JJ plaza disana, ada karyawan airportbus servicenya. Harga 120 bath (maret 2014). Untuk rute, timetable, dan price list nya ada di web www.phuketairportbusexpress.com

    BalasHapus
  4. postingannya bagus. beberapa bulan lagi saya mau ke bangkok lalu lanjut ke krabi.
    saya mau tanya tentang pesan tiket bis-nya.
    kalau beli di terminal langsung kira-kira bakal kehabisan tidak ya?

    itu beli online apakah harganya sama saja dengan beli di terminal atau lebih mahal ya?

    Terima kasih :)

    BalasHapus