Kamis, 21 April 2011

Tips Mengatasi Mabuk Laut

Mabuk laut merupakan suatu kondisi yang paling tidak disukai oleh pemancing. Di kalangan para pemancing istilah mabuk laut lebih terkenal dengan sebutan Jackpot. Perjalanan mancing yang semula menyenangkan bisa berubah seketika akibat mabuk laut. Jika seseorang terkena mabuk laut akan sulit untuk menghentikannya untuk tidak jackpot kecuali balik ke darat. Berikut ini beberapa tips agar tidak mengalami mabuk laut :
1. Istirahat yang cukup serta minum obat anti mabuk atau gunakan koyo pada bagian tertentu sebelum berangkat ke laut. Yang penting jaga kondisi badan untuk tetap fit sebelum menuju laut.
2. Usahakan makan dulu sebelum ke laut, jaga jangan sampai perut kosong. Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan makan buah-buahan. Hindari makanan yang berminyak.
3. Saat berada di kapal usahakan agar mata tetap memfokuskan pandangan ke garis horisontal, badan jangan terlalu membungkuk atau melihat ke bawah, hal ini bisa membuat lebih cepat merasa mual. Jika belum terbiasa jangan sekali-kali merangkai alat pancing sendiri di kapal, minta tolong saja kepada ABK untuk merangkai atau memsang dan merangkai umpan
4. Kenakan jaket jika udara terasa dingin agar tidak masuk angin
5. Hindari tempat mesin yang berbau solar, karena asap buangan mesin tersebut bisa membuat pusing.
6. Menjelang pergantian waktu dari siang ke malam hari, sempatkan untuk beristirahat/tidur sebentar saja baru kemudian mancing lagi. karena bagi orang yang belum terbiasa, saat-saat itu berpotensi memicu terjadinya mabuk laut dikarenakan jarak pandang mata pada siang hari yang cukup jauh berkurang akibat berkurangnya intensitas cahaya matahari.
7. Bawalah obat-obatan yang bisa mencegah terjadinya mabuk laut. Seperti; Dramamine (obat anti motion sickness), obat maag untuk mengurangi asam lambung, kimite patch (semacam plester yang ditempelkan di belakang telinga), analgetik untuk menghilangkan pusing.

Tindakan yang harus dilakukan jika mengalami mabuk laut :
1. Baringkan badan dengan posisi kepala lebih rendah dari kaki
2. Kendurkan ikat pinggang sehingga pernafasan perut tidak terganggu
3. Minum obat anti mual golongan B6 (Daramamine,sturgeon dsb)
4. Jika mengalami pusing yang hebat, minum analgetik
5. Makan atau minum sesuatu yang bisa menghangatkan badan, lalu cuci muka dengan air hangat
6. Cari posisi yang nyaman sehingga pernafasan bisa teratur kembali
7. Jika keadaan tidak membaik juga segera kembali ke darat dan periksa ke dokter.

Selain tips di atas, para pemancing memiliki cara tersendiri untuk mengatasi mabuk laut diantaranya :
1. Jika ada salah satu temannya yang mengalami mabuk laut/jackpot pemancing lain memberikan joran yang sedang strike. Hal ini bertujuan untuk mengalihkan perhatiannya sehingga lupa dengan mabuk lautnya.
2. Makan hati ikan mentah
3. Makan lumpur laut
4. Minum air laut/kumur dengan air laut
5. Disuruh berenang di laut

Cara lainnya yang dikutip dari eHow, Sabtu (24/7/2010) ada beberapa langkah yang dilakukan seseorang agar terhindar dari mabuk laut, yaitu:
  1. Cobalah untuk mengonsumsi jahe 12-24 jam sebelum melakukan perjalanan, jahe yang dikonsumsi bisa dimasukkan ke dalam minuman atau makanan seperti roti. Selain itu mengemil jahe beberapa jam sebelum perjalanan juga bisa membantu.
  2. Mengonsumsi air yang cukup sebelum perjalanan. Menjaga tubuh agar tetap hidrasi bisa membuat seseorang terhindar dari mabuk laut, selain itu hindari konsumsi alkohol dan kopi karena bisa menyebabkan dehidrasi.
  3. Mengemil roti atau oatmeal satu jam sebelum berangkat bisa membantu, karena beberapa ahli mengungkapkan tidak membiarkan perut kosong atau terlalu kenyang akan mengurangi mabuk laut. Usahakan untuk bangun lebih awal sehingga bisa makan dengan santai dan memberikan waktu pada perut untuk mencerna dengan baik.
  4. Usahakan untuk duduk di bangku barisan tengah, serta hindari bangku di belakang.
  5. Cobalah untuk mengambil napas dalam-dalam serta fokus pada horison dan bukan pada gelombang atau obyek yang bergerak.
  6. Mengisap permen lemon yang keras saat perahu mulai bergerak dapat membantu menjaga agar perut tidak mual.
  7. Usahakan untuk istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan, karena keletihan dan kelelahan bisa membuat seseorang lebih rentan terkena mabuk laut.
  8. Hindari mengonsumsi makanan yang berminyak atau asam beberapa jam sebelum perjalanan, karena makanan yang asam akan lambat dicerna sehingga tertumpuk di perut. Sedangkan kombinasi antara makanan berminyak dan asam akan membahayakan sistem pencernaan.
  9. Jika mulai merasakan mual, cobalah berdiri dan melihat keluar. Usahakan untuk tidak duduk atau menunduk, karena akan membuat kondisi semakin buruk.
(Berbagai Sumber)

1 komentar:

  1. salam buat mba Fhidoh ma Ovi....thanks sudah menemani SXC2

    laporannya ada disini ya

    http://bungaliani.wordpress.com/2011/04/26/baduy-dalam-dimata-seorang-goweser-bag-1/

    http://lifestyle.kompasiana.com/hobi/2011/04/26/baduy-dalam-dimata-seorang-goweser-bag-1/

    BalasHapus