Selasa, 04 Oktober 2011

Nyempil Berdua ke Jawa Tengah - Episode Semarang (part 1)



Lebaran kemarin, saat yang lain sibuk beli tiket mudik, aku berdua ama temen sibuk nyari tiket pp jkt-jogja (emang dasar sedikit durhaka ^_^). Tapi karena gak dapet-dapet, akhirnya timbul ide, kenapa gak ke Semarang dulu aja yah..berwisata kota sambil berwisata kuliner. Akhirnya perburuan tiket sedikit balik arah menjadi jkt-smrg dan jogja-jkt. Daaannnn berhasil dapat..meski tiket jogja-jkt dapat mahal tenan (bareng sama arus balik lebaran soalnya).

Tiket sudah ditangan, saatnya menunggu keberangkatan (oh ya lupa bilang..perburuan ini dimulai 1,5 bulan sblm libur lebaran kemarin *_*)


31 Agustus 2011 - Semarang, kami dataaannnggg

Dengan kemurahan hati teman backpacker, yang sudah nyariin hotel, sebenernya sih losmen murah, tp mereka menyebut diri sendiri sbg hotel..ya sudahlah, trs jemput di bandara, ngebookingin tiket bus ke jogja (many thanks buat mbak Trie Sudigdo), kami menikmati indahnya Semarang dengan biaya yang murah (menurut standar backpacker mewah lho yah).

Petualangan di mulai sejak penjemputan di bandara, yang maha telat gara2 pesawat delay >.<, (ternyata mbak Trie ngajak adiknya untuk jadi tukang ojek kami..weleh weleh), menuju hotel yang sudah dibooking. Ternyata oh ternyata..sesuai feelingku yg ngerasa petugas hotenya gak bertanggung jawab n gak profesional (kebanyakan penjual jasa di Indonesia seperti itu..coba belajar dari Jepang harusnya..kok jadi ngebandingin sih?!?!), bookingan kami dikasih ke orang lain..huh!!!.. Mbak Trie menawarkan rumahnya untuk kami tumpangi, tapi kami keukeuh mar keukeuh sumekeuh gak mau..dengan alasan sungkan kalo ntar pulang malem n kami ribut sendiri di rumahnya. Akhirnya mbak Trie berburu hotel lagi..dan dapat juga deket hotel pertama..malah jauh lebih murah...pakai AC, kamar mandi dalam, no TV harga semalem Rp. 75.000,- (ada sih yg lebih murah: pakai fan, kamar mandi dalam, no TV RP. 55.000,-..tp karena kami mau sedikit menikmati hidup,kami plih AC..soalnya kamar kos gak ada ACnya :p).

Oh ya, ternyata saat itu temen kuliahku juga sedang berlibur di sana (tengkiu juga buat Lala & Basuki yg sudah jd sopir taxi kami).

Karena janjian dengan Lala di gang warung, daerah pecinan, our lovely tukang ojek siap mengantar ke sana, dengan sebelumnya mampir dulu di kelenteng kuno daerah sana..untuk memulai kenarsisan pastinya. Foto-foto di sini gak perlu bayar..cukup ijin sama yang jaga, jadilah jepret-jepret..cuma karena sudah malam n banyak patung, jadinya merinding sendiri hiiiiii

Klenteng ???

Narsis sudah dimulai..saatnya memulai wiskul juga...menuju gang waruuunnnggg....
Sepanjang jalan banyak yang jual..mulai makanan halal buat siapapun, sampe yang halal buat kalangan tertentu..tapi karena namanya juga di daerah Pecinan, pasti lebih banyak makanan yang halalnya terbatas buat beberapa orang (termasuk buatku :p). Mbak Trie dan adiknya beli sate ayam, sementara aku kalap...beli kacang kuah (makanan super duper jarang di jakarta), es puter coklat, n tentu saja samcam goreng (yang gak bisa dimakan mbak Trie..maap)..marukh khan mode is on!!!

Di sini kami (aku dan Lala) janjian untuk ketemu besok jam 10 di Lawang Sewu, dan lanjut keliling ke kelenteng & pagoda.

Dari Pecinan, mbak Trie membawa kami ke Gereja Blenduk..bagus sih gerejanya..cuma tiang bagian ujung sempat bikin merinding gara2 seklias nampak seperti kepala cewe bagian atasnya weeeww..

Gereja Blenduk

Next destination: Tugu Muda...
Agak lama narsis di sini..soalnya bingung sendiri mau pose bagaimana, saking semangatnya bernarsis. Terus lagi, sebenarnya pingin foto Lawang Sewu saat malam, tp gara2 ada posko spooky (posko dunia lain yg mantreng depan gerbang), jadinya jelek banget kalo mau difoto..bocor di mana-mana..tapi tetep maksa foto sih :p

 
Tugu Muda - Semarang

narsis di landmark Semarang donks

Lawang Sewu di malam hari

Perasaan sih jadi gak ada angker-angkernya tuh Lawang Sewu gara-gara posko ini...bikin rusak pemandangan aja..mestinya sih dikasih ijin pameran, tp lokasinya jangan di situ *saran buat pengelola Lawang Sewu*.

Perjalanan terakhir malam ini ke landmark Semarang yang lain, yaitu Simpang Lima..yuukksss
Dan karena naik motor, jadinya bisa motret-motret sambil tetep jalan..meski jepretannya agak goyang, ya sudahlah..yang penting kejepret..

entah sebenernya mau moto apaan..pokoknya jepret

Balai Kota Semarang - kalo pagi biasa aja

Simpang Lima

akhirnya bisa narsis ber3

Malam itu kami kembali ke hotel dengan euforia yang masih belum tersalurkan semuanya..jd gak sabar nungguin besok..


1 September 2011 - lanjut wisata kota

Pagi itu kami sarapan secukupnya..Inge makan roti tinggalan dari pesawat, aku makan sisa samcam goreng..katanya backpacker mewah, tp tetep aja makan seadanya X_X...
Mbak Trie dan adiknya yang setia menjemput kami jam 8 di hotel, tujuannya ke Lawang Sewu. 

Di sini, adiknya mbak Trie langsung balik, sementara mbak Trie tinggal untuk nanti serah terima kami ke Lala (dokumeeenn kali pake serah terima :p).

Bagian depan Lawang Sewu sudah selesai direnovasi, dan sudah sempat dibuka untuk pameran beberapa hari sebelumnya. Tapi pas kami ke sana, bagian itu ditutup lagi..entah apa yang belum selesai gitu (menurut penjelasan mbak guide). Jadi kami cuma bisa ke gedung tua-nya..Tiket per orang Rp 10.000,-/orang sudah termasuk jasa guide (kalo gak salah).

Bagian yang sudah direnovasi

Tugas pertama mbak guide-nya: motoin kami

Kami sisir semua bagian..gak boleh ada yang kelewat pokooknya..lagi pula mbak guidenya juga ngejelasin dengan runtut dan lengkap (dan sabar saat kami minta dia motretin).

Museum..awalnya sih ngedengerin mbaknya ngejelasin apa..tp seperti hasilpelajaran sejarah yang lain, gak ada satupun yang masuk otak. Di sini aku sibuk ngetes filter kamera yang baru dibeli..Inge dan mbak Trie sibuk foto-foto juga..walahhhh kapan pinternya coba x_x

Material yang dipakai di awal pembangunan Lawang Sewu - 1

Material yang dipakai di awal pembangunan Lawang Sewu - 2a

Material yang dipakai di awal pembangunan Lawang Sewu - 2b

Material yang dipakai di awal pembangunan Lawang Sewu - 3

Mulai memasuki gedungnya..setiap tempat punya penjelasan masing-masing. dari yang kulihat, sayang sekali tempat seluas itu dibiarkan kosong dan kotor. kalo misalnya dipakai sebagai ruang museum, sepertinya lebih bernilai tambah, drpd cuma sekedar ruangan-ruangan kosong, tapi bukan jadi mall.
Kalau dengar dari mbak guide, gedung yang sudah direnovasi akan dipakai sebagai tempat jualan..jadi nanti bakalan banyak stand-stand di situ...hadeeuuuhhh!!! bakalan rusak dueh salah satu peninggalan sejarah..*saran lagi buat pengelola Lawang Sewu*

Lawang Sewu yang masih belum direnovasi

Rancangan Belanda - kamar mandi terpisah dari bangunan utama (alasan kesehatan)

Urinoir rancangan Belanda juga

narsis again :p

Teng teng teng..jam 10 lewat, Lala menjemput kami bersama suaminya..Mulai d, mbak Trie melakukan serah terima itu ^_^...Tengkiu lagi buat mbak Trie...jangan kapok yahhh..karena sepertinya aku akan merepotkanmu lagi :p

Oke lanjut..
Ke Semarang gak afdol kalo gak ke kelenteng Sam Po Kong.. Bayar tiket cuma Rp. 3000/orang (kalo gak salah lagi..soalnya dibayarin :p..thx Basuki).
Di isini ada foto dengan kostum..sayang lagi gak mood jd model (meski tetep adalah hawa narsisnya).

Ceria together

Lala & Basuki - pasangan sopir taxi kami :p

Mulai menggila

Wisata kota Semarang, ditutup dengan Pagoda Watugong yang posisinya ke arah Ungaran. Ohya sebelum ke kelenteng Sam Po Kong tadi, kami mampir ke toko oleh-oleh dulu (meski gak mudik, oleh-olehnya aja yang nyampe ke kampung halaman tercinta).
Pas ke sana, jalanan maceeetttt..kayak di Jakarta aja duehhh..mana gak bisa molor karena terlalu bersemangat liburan..rugiiii gak molor!!!
Tapi untung macetnya gak separah Jakarta (masih untung aja neh)...soalnya jam 3 sudah harus stand by di pool bus untuk lanjut ke Jogja.

Masuk ke pagoda ini tidak dipungut biaya apapun, kecuali parkir (kalau mau ngasih tips parkir).

Pose-pose gila sudah mulai terlintas, dan langsung dipraktekkan (mohon maaf kepada umat Budha, kalo ada yang tersinggung..kami gak bermaksud melecehkan..murni iseng saat itu..sekali lagi maaf)

Pagoda Avalokitesvara - Buddhagaya Watugong

Bagian dalam menara pagoda

Gedung aula

Salah satu pose gila - bikin orang yang mau sembayang batal karena mereka cekikikan

Tanaman aneh yang baru nemu di situ - cantik tapi semutnyaaaaa

Dan akhirnya, kami harus menuju ke pool bus untuk melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta, sementara Lala & suami melanjutkan perjalanan ke rumah mertua.
Tengkiu lagi buat Lala & Basuki yang sudah meluangkan waktu..God bless you

Bus yang kami naiki berangkat jam 16.30 dari pool bus yang deket ungaran situ (jam 16.00 dari poolnya yang deket Balai Kota Semarang).

Sampai jumpa lagi, Semarang..



Diposting oleh: Octa

6 komentar:

  1. Ta, nggak nyebutin tentang si Zheng He ?

    BalasHapus
  2. waaa,,, ternyata uda nyampe semarang. Kurang tu, blum makan tahu gimbal di taman kb sambil dengerin lagu jazz (kalo beruntung) ato makan pecel yu surip di daerah mataram, ada es puter enak juga ato ngantri leker paimo di depan sma sedes,, :))

    BalasHapus
  3. wah wah wah..masih banyak makanan yg terlewatkan yah??
    kemaren soalnya kemaleman sih nyampenya (semakin jengkel ama flight yg delay)
    berarti harus balik lagi ke sana...
    *membulatkan tekad*

    BalasHapus
  4. jadi iri ... kota sendiri malah blom kesitu2 ... hiks3x ....

    BalasHapus
  5. octa said:

    Lala: iya lupa soal Zheng He :p

    Om Detri: biasanya begitu sih yah..kalo di kota sendiri banyak yg terlewatkan

    BalasHapus
  6. boleh tau nginap alamat hotelnya ?

    BalasHapus