Sabtu, 22 Oktober 2011

Sepotong "Legenda" dari Curug Malela..


Kali ini gw dan para 7 icon  beranggotakan tante Desy, mba Yani, mba Octa, mba Yuli, mba Diah,  mba Hani dan mba Yuni *ga usah dibayangin* berkesempatan mengunjungi Curug Malela yang dijuliki Niagara Mini oleh orang banyak..penasaran dong kayak apa tempatnya?? 

Gw langsung terpesona melihat keindahan Curug Malela (Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kec. Rongga, Kab. Bandung Barat) secara langsung dari atas tebing, sekitar 600 m sebelum mencapai sejuknya gemercik air Curug Malela. Curug yang memiliki ketinggian sekitar 60-70 m dari atas tebing tersebut memang menawarkan keindahan yang benar-benar mempesona. Tapiii untuk mencapai keindahan tersebut jalan yang ditempuh tidaklah mudah. Seperti apakah jalannya??

Perjalanan dimulai malam hari dari terminal Kampung Rambutan, kita naek Bis AC antar kota yang menuju Garut dengan biaya Rp.35ribu/orang *criing... . Saran gw sih jangan nunggu di dalem terminal karena gw naek bus jam 20.30 WIB dan bus baru keluar terminal jam 21.30 dan beneran jalan tuh jam 22.30 WIB. Di bus jangan keasikan tidur karena kita akan turun di Padalarang setelah menempuh perjalanan 2 jam..

Disini kita naek angkot warna ijo menuju Cililin, tapi karena udah malem maka kita harus membayar Rp.10ribu/orang *criiing.. menuju kantor pos Cililin karena kita mau numpang rebahan di rumah temennya tante Desy. Keesokan harinya kita mulai perjalanan menuju Curug Malela dengan mencarter angkot menuju kec. Rongga dengan biaya Rp.100ribu/mobil *criiing...

Memasuki daerah Kecamatan Cililin kita akan banyak menjumpai warung oleh-oleh atau jajanan khas daerah Cililin seperti wajit, angleng, dan dodol, bagi yang ingin membeli oleh-oleh, disarankan membeli sewaktu perjalanan awal, karena menjelang sore warung-warung tersebut tutup. Disini juga bisa ditemui pasar yang menjual berbagai macam dagangan dan berbagai jenis manusia yang unik.

Okeh kita sampe di Rongga dan turun dari mobil dengan perasaan yang sama ketika turun dari kapal di Krakatau, karena perjalanan yang dilalui penuh dengan kelokan dan lobang. Disana kita langsung diserbu tukang ojek yang menawarkan jasanya, tapi harga yang ditawarkan gila gilaan, pembukaan aja mereka nawarin 100ribu..as***!!! Daan disinilah awal mula legenda itu dimulai..

Karena kita udah kesel sama para ojekers itu maka diputuskan kita akan jalan sampe Curug Malela. Awalnya para ojekers itu ga percaya klo kita bisa jalan sampe sana dan menakut nakuti dengan bilang bahwa jarak sampe sana tuh 13 km..

Yap bisa ditebak bahwa hanya kitalah wisatawan yang dengannekad senang hati jalan kaki ke sana. Dan sepanjang jalan pula setiap ojek, anak anak, ibu ibu dan wisatawan yang balik dari sana cuma bisa melongo ngeliat kita jalan.

5 km pertama muka kita masih seger oleh pemandangan yang menakjubkan. Di awal perjalanan kita disuguhkan pemandangan ala Nami Island lengkap dengan pohon Damar yang berjejer membentuk lorong dengan sempurna.


Pemandangan dilanjutkan dengan bentangan kebun teh yang memukau, mirip mirip dengan puncak sih tapi yang ini lebih akeren karena belum tercemar polusi dari mobil. Yang lucu disini adalah ketika kita bertanya seberapa jauh lagi ke Curug pasti jawaban orang orang hanya 11km, 7km, dan 3km. Tau tampang anak yang dijanjiin dibeliin mainan sama emaknya??seperti itulah tampang kita setiap kali para ojekers memberitahu  jawaban tersebut...






Makin mendekati Curug Malela jalanan makin hebat, jalanan berkelok kelok, berbatu, berlobang, tanjakan, dan becek + ga ada ojek  jurang di kanan kiri menambah indahnya perjalanan kita hari itu. Hiburan satu satunya adalah sesi pemotretan yang amat sangat menaikkan semangat..





Setelah menempuh perjalanan sekitar 2 jam akhirnya sampe di Pos terakhir. Disini ada tempat peristirahatan dimana bikers beristirahat sejenak sebelum turun..Disini juga ada ojekers dan warung mi..Dan disini pula orang orang ramai membicarakan kita. Karena kebandelan kita menempuh jarak 13 km dengan medan yang "bersahabat". Karena ga ada wisatawan yang cukup gila jalan menempuh jarak sejauh itu. Karena kita udah menorehkan sepotong "legenda" di Malela.


Tapi perjuangan belum berakhir, kita masih harus turun untuk mencapai Curug Malela. Trek berikutnya adalah menuruni jalanan setapak curam dan terjal dengan beberapa lereng yang hampir 60 derajat. Disini tampaknya mba Octa yang paling soro, akhirnya berulang kali beliau menitipkan kameranya ke gw.
Prinsip dia : "Lebih baik ngorbanin badan baret daripada kamera lecet."



Tetapi pas dari kejauhan udah terlihat sosok curugnya. Dari jauh aja udah sebegitu bagusnya, apalagi deket?? Mendadak semangat kita bangkit lagi. Setelah melewati beberapa persawahan dan beberapa turunan terjal maka sampailah kita ke Curug Malela. *fiiuuhh..





Subhanallah.. Itu kata pertama gw setelah sampe, indahnya kebangetan!! . Suara gemuruh air dan cipratan airnya seakan membuat lelah kita hilang.. (boong deng..capeknya masih berasa..) Disini lagi lagi Tuhan menunjukan keagunganNya yang bisa membuat semua mata terpaku untuk beberapa saat. Gw agak bingung mau mendiskripsikan nih air terjun. So deskripsikan masing masing aja ya..



Si Niagara kecil yang mengagumkan ini dikenal sebagai Curug Malela (curug = air terjun dalam Bahasa Sunda). "Malela" sendiri berasal dari bahasa Kawi yang berarti "Baja" karena dinding curug ini berasal dari batu breksi dan konglomerat yang sangat keras.

Sayang lokasinya jauh di entah berantah Cekungan Bandung!! Jadi, jangan ke Curug Malela, jika anda hanya ingin berwisata, kecuali jiwa petualangan anda memanggil-manggil..

Lagi lagi dibawah kita jadi orang paling terkenal di situ. Ada komunitas bikers yang berkunjung kesitu juga. Lalu mereka nanya..

Bikers : "Mas saya denger kalian jalan ya?dari gerbang yang ada sekolahan ya?" 
Gw     : "ngga mas kita jalan dari bawah, dari sebelum kebun teh..yang banyak pohon damar itu.." 
Bikers : *melongo*..*kedip kedip mata*.."Hah??serius mas??bener bener dari bawah??" 
Gw     : *cengar cengir*

Puas bernasis gila gilaan maka  kita harus balik. Tapi semangat langsung ciut menginga trek yang harus ditempuh untuk kembali. Maka kita sepakat untuk naek ojek untuk sampe ke atas. Ternyata kita udah disambut meriah oleh para ojekers di atas. Dan kita dapet harga Rp.20ribu/orang *criiing..

Jika kalian kira dengan ngojek maka perjuangan berakhir, maka kalian salah sodara sodara!!! Justru dengan ngojek adrenalin makin deras mengalir. Trek tanah menanjak seterjal 60 derajat dikombo dengan tikungan tajam dan deretan tangga harus dilalui (dilalui dengan motor tanpa kita harus turun), belum lagi jalan berbatu dengan jurang di kanan kiri membuat roller coaster di Dufan jadi  seperti odong odong. Ditambah ojek gw yang seneng balap balapan. Makin membuat keberadaan Tuhan semakin nyata.. ^.^



Saran gw sih milih yang naek motor trail, lebih ajiiibb...

Ternyata di di tengah jalan kita udah ditunggu akang angkot yang tadi nganter kita, sekalian aja kita carter sampe stasiun Bandung dengan biaya Rp.200ribu/mobil dengan catetan kita bebas mau mampir beli oleh oleh dan kita juga sempet mampir untuk makan bakso seharga 6ribu/mangkok *criiing..


Di tengah jalan ternyata si akang janjian ketemu cewenya dan yang mantap cewenya bawa temen sekampung, alhasil semua temen tuh cewe ga dibolehin naek ma kita. Semoga mereka ga ribut nantinya ya...
Di stasiun kita naek KA Parahyangan seharga 45rbu/orang *criiing... tapi tetep aja setelah makan malem kita poto dulu di depan stasiun sebagai kenang kenangan.

Akhirnya tiba juga di Jakarta pukul 23.00 WIB dan kita berpisah untuk kembali ke rumah masing masing.


Tetap sehat, tetap semangat karena lain kali kita akan jalan jalan lagi ke berbagai tempat indah negeri ini..tujuan berikutnya adalah Pulau Sempu..

NB :  Di tengah berbagai terjangan kabar buruk negeri ini, gw sangat ingin memberikan cerita tentang indahnya negeri ini yang bisa membuat kalian tersenyum. Cerita yang bisa membuat kita semua bangga berkata, aku cinta Indonesia.. :)


Trip now, Think later..

Diposkan oleh ramdanUchiha
(sumber: http://ramdanduchiha.blogspot.com/)

7 komentar:

  1. cool..mau dooonk ikut team kalian, temans saiyah pada manja2 susah buat diajak berpetualang apalagi buat bersusah2an.....hehehe

    BalasHapus
  2. sudah join grup BPI yang di FB mbak?
    Kalo belum, join d..ntar tiap event bisa keundang..

    salam ransel,
    BPI

    BalasHapus
  3. waw, mantep banget FR nya

    agenda berikutnya ke mana nih?

    BalasHapus
  4. simak saja di groups Facebook www.facebook.com/#!/groups/bpi.jkt/ semua trip kita ada disitu

    BalasHapus
  5. haha.. seger tulisannya. moga ga kapok ya mba mas maen2 ke curug malela dan maafkan teman2 kami para ojekers yg aga kurang pelajaran, salam kami putra rongga

    BalasHapus
  6. wah, baru bulan desember kemarin nih ksna saya.
    emang butuh perjuangan, apalagi klo musim hujan wktu itu..

    BalasHapus
  7. kereeeenn... :D
    cool way to enjoy life.. ^.^

    BalasHapus