Jumat, 06 Mei 2011

Hidden Paradises di Indonesia

Meski banyak tempat di Indonesia yang sudah menjadi tujuan wisata terkenal baik lokal maupun mancanegara, tetapi masih banyak tempat-tempat indah yang belum banyak dikenal, bahkan oleh masyarakat Indonesia sendiri (atau bahkan lebih dikenal oleh wisatawan mancanegara).


1. Sawarna, Kabupaten Lebak - Banten
Eksotis, rancak, dan lengkap. begitulah kira-kira kesan wisatawan yang berkunjung ke Desa Sawarna. Sebab di desa ini terdapat berbagai macam objek wisata. Jembatan gantung yang menjadi ciri khas, beberapa goa, dan yang pasti pantai-pantai yang sangat indah.

Goa Lalay

 sawah & perbukitan yang elok dipandang

Karang Teraje

Lagun Pari

landmark Sawarna - Tanjung Layar


2. Teluk Kiluan, Lampung
Teluk Kiluan terletak di Propinsi Lampung, yang terkenal dengan banyaknya lumba-lumba, ikan paus disekitaran Teluk Kiluan. Daerah ini juga terkenal dengan keindahan alam dan surga bagi para pemancing handal. Setiap tahun diadakan lomba memancing di Teluk Kiluan yang diikuti oleh master-master pemancing seluruh Indonesia.

sunset di teluk Kiluan

jukung untuk berburu lumba-lumba
 
si cantik yang menari di laut lepas


3. Sabang, NAD
Kota yang terletak di pulau yang bernama Pulau Weh banyak mempunyai obyek wisata yang dapat dikunjungi dan sudah terkenal ke manca negara.
Jika kita menuju ke arah barat, sampai di ujung barat terdapat sebuah monumen/tugu, Tugu Kilometer Nol, yaitu tugu dimana titik awal perhitungan luas Indonesia dari Sabang Sampai Meuroke.
Sebelum sampai  di KM NOL masih banyak obyek wisata yang dapat dinikmati yaitu objek wisata Iboih, yang jaraknya cuma 5 km dari kota sabang. Dari iboih juga dapat melakukan penyeberangan menggunakan boat sewaan untuk melihat objek wisata bawah laut di Pulau Rubiah. Dan masih ada objek wisata Gapang yang hanya berjarak 4 km dari kota Sabang.

Pantai Iboih

Taman bawah laut Rubiah

Pantai Gapang


4. Danau Laut Tawar, Takengon - Aceh Tengah
Danau Laut Tawar memiliki berbagai potensi yang mampu menyokong kehidupan masyarakat  di sekitarnya seperti, sumber daya perikanan, pertambangan dan pariwisata. Potensi Pariwisata di sebelah timur danau terdapat Ujung Bintang dan Gue Muyang Prupi. Di sebelah barat terdapat dermaga wisata, Atu Tingok, One-one. Di sebelah utara potensi pariwisata yang cukup menarik adalah Gue Putri Pukes, Mepar dan Ujung Anar-anar (kelitu). Sedangkan disebelah selatan terdapat Ujung Nunang, Ujung Sere dan Ujung Kalang.

Atu Tingok

Ujung Bintang

Goa Putri Pukes


5. Pantai Plengkung, Banyuwangi - Jawa timur

G-Land, The Seven Giant Waves Wonder". Julukan tersebut diberikan oleh peselancar asing untuk gulungan ombak di pantai Plengkung yang berlokasi di Taman Nasional Alas Purwo (TNAP), Banyuwangi, Jawa Timur.
G punya tiga konotasi yang berbeda: Green, karena lokasinya di tepi hutan; Grajagan, nama point terdekat sebelum ada jalan melintas di hutan; atau Great karena salah ombak yang terbaik di dunia. Apapun artinya, itulah julukan buat sebuah nama lokal bernama Plengkung.
Ombak di Plengkung merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Ombak setinggi 4-6 meter sepanjang 2 km dalam formasi 7 gelombang bersusun cocok ditunggangi oleh peselancar kidal. Selain Plengkung untuk peselancar profesional, ada juga Pantai Batu Lawang untuk para pemula. Ombak disini disebut "twenty-twenty" yang artinya twenty minute untuk mendayung ke tengah dan twenty minute menikmati titian ombak.
TNAP selain surganya peselancar juga tempat yang bisa memuaskan kegemaran berpetualang menembus hutan, mengamati satwa di Sadengan dan berkunjung ke goa-goa mistis.Goa-goa tempat bermeditasi adalah Goa Istana, Goa Putri dan Goa Padepokan, selain Goa Macan yg konon punya nilai mistis tinggi. Goa ini dicapai dari Pos Pancur sejauh 2 km berjalan kaki.
Selain Goa meditasi, terdapat pura tua, Giri Seloka, yang sudah ada di sana jauh sebelum TNAP ada. Kenunikan pura tersebut berada di tengah hutan TNAP dan banyak dikunjungi penganutnya pada hari suci Pager Wesi.
Sadengan tempat observasi sekitar 200 ekor banteng, juga rusa dan merak, berada tak jauh dari pintu masuk Rawabendo, 3 km jalan makadam melalui tanaman jati tua yg telah dihutankan statusnya. Pantai Ngagel tempat penangkaran penyu belimbing, abu-abu dan hijau hanya berjarak 3 km dari Rawabendo melalui jalan makadam dan pasir pantai.
TNAP yang berlokasi di ujung timur yang menyempit, memiliki banyak sekali pantai bagus nan sunyi, jauh dari hiruk pikuk turis kota.

Pantai Plengkung

ombak Plengkung - salah satu ombak terbaik untuk surfing

Goa Macan

Giri Seloka

Pantai Ngagel

Masih banyak hidden paradise yang belum terjamah di Indonesia. Mari kita eksplore negeri yang cantik ini.

1 komentar: