Kamis, 31 Januari 2013

TIPS SOLO TRAVELLING / BACKPACKING

Beberapa tips untuk melakukan perjalanan seorang diri ke Luar negeri

1. Catat informasi tentang Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI)

Langkah pertama adalah catat nomor telepon, alamat, serta e-mail KBRI di negara tujuan traveling Anda. Hal ini sebagai langkah antisipasi jika Anda menemukan hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan mengadu ke KBRI, kesulitan Anda akan teratasi.

2. Copy semua dokumen penting

Copy/scan semua dokumen penting yang Anda bawa, seperti paspor, tiket pesawat, asuransi perjalanan, dan lain-lain. Jangan sampai jika suatu waktu kehilangan salah satu di antaranya, Anda sama sekali tidak memiliki dokumen copy untuk back up, masukkan kedalam email anda sehingga lebih mudah anda membuka di internet dimanapun berada.

3. Print rute traveling

Jangan mengandalkan GPS dari gadget anda karena kemungkinan habis battery itu selalu ada Print rute traveling. Cetaklah rute serta informasi tentang angkutan umum di sana.
Jangan sampai Anda tersasar saat traveling seorang diri karena lupa alamat. Pelajari juga destinasi tujuan Anda dengan baik.

4. Pintar memilih transportasi

Sebelum berangkat ada baiknya berowsing di milis atau tanya grup FB dan kawan kawan anda yang pernah berkunjung  jangan mengandalkan taksi sebagai transportasi. gunakan kendaraan umum seperti bus atau kereta di sana.
Selain lebih murah, naik kendaraan umum bakal memberikan pengalaman yang berbeda. Tapi ingat, jaga selalu barang bawaan Anda.

5. Bergaul dengan turis lain

Anda boleh saja berangkat traveling seorang diri dari Indonesia. Tapi di tempat tujuan, coba cari teman untuk berwisata bersama.
Anda bisa mulai berkenalan dengan penghuni kamar sebelah di tempat Anda menginap atau kawan sesama di dormitory . Ajak dirinya untuk melakukan perjalanan bersama-sama.

6. Jangan perlihatkan diri Anda turis

Saat berbaur dengan warga lokal atau ketika sedang berjalan-jalan keliling kota, usahakan jangan perlihatkan jika diri Anda turis. Hal ini bisa memicu datangnya tindak kejahatan.
Anda bisa memerhatikan cara berpakaian penduduk lokalnya. Kenakanlah pakaian yang mirip dengan warga sekitar.

7. Jangan asal berkenalan dengan orang asing
Bagi Anda yang ingin traveling seorang diri, mencari teman di destinasi tujuan memang bisa menjadi obat penghilang jenuh. Tapi, pintar-pintarlah berkenalan dengan orang lain.
Misalnya saja jika Anda traveling ke Roma, Italia. Di sana, banyak wanita cantik yang tentu menggoda mata para turis pria. Tapi siapa sangka, mereka ternyata adalah komplotan pencopet.
Nah, semoga 7 tips tadi bisa menjadi pedoman sebelum Anda berangkat traveling solo. Jangan takut untuk terus menjelajah dunia, walaupun seorang diri.

3 komentar:

  1. kapan nie BPI ngadain event lagi ... :)

    BalasHapus
  2. Gmn caranya mau ikutan gabung thanks

    BalasHapus
  3. mohon infonya pak buk om tante uda uni kakak sekalian buat gabung di bpi?

    BalasHapus