Selasa, 24 Juli 2012

Explore Sulawesi : Danau Linow di Tomohon


  
Kali ini gw akan bercerita tentang keindahan Sulawesi. Cerita tentang keindahan pulau yang terkenal akan keindahan bawah lautnya. Cerita tentang indahnya alamn Indonesia.Semua berawal dari ajakan explore Sulawesi. Siapa yang mau nolak kalo destinasninya Sulawesi??

Masalahnya adalah gw ga ngarti cara beli tiket online sedangkan waktu makin mepet. Akhirnya gw tau klo Mamanya di Daffa di klinik gw bisa mesenin tiket pesawat. Masalah kedua muncul, tiketnya mahaal sedangkan gw nyari tiket yang murah. Tuhan langsung menunjukkan kuasaNya, Mama Daffa bisa ngusahain tiket murah setelah gw sms. Kira2 gini smsnya :

 "Mama Daffa, saya ngirim sms ini bukan untuk ngerayu ibu. Saya bukan buaya darat yang bisanya hanya ngerayu perempuan. Saya mohon bantuan ibu karena saya bisa gagal trip klo ibu ga bantu saya dapetin tiket murah. 

Saya mencoba mengetuk pintu hati Mama Daffa. Saya yakin, ada hati yang bijak dibalik kecantikan wajah ibu, Orang bilang, kebijaksanaan datang seiring dengan usia. Tapi itu tidak berlaku buat mama Daffa. Mama Daffa makin bijak walau sepertinya usianya ga bertambah. Suami ibu mungkin ga sepakat, tapi jangan dengarkan dia bu. Saya kenal ibu sebelum suami ibu kenal ibu.
Empat kali empat samadengan enambelas.
Sempat ga sempat ga usah dibalas.
-ramdhan-"


Daan akhirnya gw dapet tiket Jakarta-Manado dan Ujung Pandang-Jakarta seharga 600ribu (makasih mama Daffa), gw emg ga ngarti cara beli tiket, tapi gw selalu bisa memahami wanita paruh baya. Bilang aja, jarum jam ga mampu menyentuh kecantikannya, maka dia akan melakukan segalanya buat kita.. *oyeaahhh*

Masalahnya adalah jam berangkat pukul 05.00 WIB dan DAMRI baru beroprasi jam 04.00. Karena takut ga kekejar maka gw putuskan untuk nginep di bandara. Itung itung pengalaman baru.Apadaya Allah berkehendak lain. Setan pun bermunculan pada malam harinya. Setan itu berbentuk ajakan untuk nonton Spider Man midnite jam 23.45. (Oooii gw besok subuh mau flight ooiii..). Tapi apadaya bujukan setan lebih kuat dari sang malaikat. Gw pun nebeng Dedi berangkat ke Bekasi untuk nonton. Disana udah ada AsriNorumi dan Aini. 3 "setan" ini yang berjasa mengajak nonton midnite.

Pulangnya udah jam 2 lewat. Gw ma Dedi langsung ngebut menuju Grogol. DIsini gw harus berterimakasih sama Dedi. Klo gada dia gw bakal telat ke bandara. Dengan setianya Dedi dan motornya nganterin gw muter muter Grogol untuk dapetin Taxi.dan gw pun gajadi telat dan selamat sampai di pesawat. (tengkyu brooo) 

Gapake lama, begitu gw duduk dan dalam hitungan detik gw dengan suksesnya berpindah ke alam mimpi. "Para penumpang yang terhormat, sebentar lagi kita akan mendarat di Bandara Int'l Sam Ratulangi Manado. Mohon kembali ke tempat duduk, menegakkan sandaran, melipat meja di depan anda dan mengencangkan sabuk pengaman". Kalimat yang sudah ga asing tadi sukses membawa gw secara paksa ke alam nyata lagi. Begitu ngelongok ke jendela,Subhanallah, birunya laut yang bercahaya diterpa mentari pagi bertemu daratan hijau yang terdiri dari bebukitan berselimut hijaunya pepohonan, diselingi rumah rumah dan dihiasi sawah sawah yang berjejer indah menyambut gw. Seolah berkata, "apakareba??" "Selamat datang di Manado jo!!!" 

Di bandara gw ga langsung keluar, efek 1 hari 2 malam ga ketemu nasi mulai bereaksi (makasih buat anak anak sedeng yg ngajak gw nonton spiderman midnite padahal subuh gw harus flight). Pala gw puyeng. Jadilah gw leyeh leyeh di bandara sambil cuci mata ngeliatin cewek cewek di bandara. Percaya atau ngga kaum hawa di Manado cakep cakep jo.

Ngomongin cewe gw mau berbagi teori nih. Menurut gw, ngeliat cewek cakep 5 menit efeknya sama kayak makan wortel sekilo. Kali ini gw dah makan 15 kilo wortel. Mata rasanya terang banget sampe kayaknya gw bisa ngeliat masa depan. *alesan, padahal gasuka sayur*

Dari sekian banyak cewek di Bandara hanya ada 1 yang menarik perhatian gw. Cewek ini melipatgandakan teori wortel gw. Ngeliat doi semenit sama kayak makan wortel sekebun *dikasihceban*. Cewek yang nilai gizinya sama kayak wortel sekebun ini kayaknya gw kenal. Pas gw deketin ternyata si Nuqee. Siapa Nuqee?? Buat yang belum kenal, nih gw kenalin..
cantik kan??cantik dong..

Cewek manis ini asli Surabaya, dia yang nyari host di manado. Yang gw heran mandi ga mandi doi tetep wangi. Gw curiga dia mandi pake pelembut pakaian jadi wanginya awet berhari hari. Penggila laut ini punya semacam kharisma yang bisa bikin semua orang  ingin menengok (terutama cowok). Cerwet (apalago soal makan) dan ga mau kalah. Pacarnya saat ini adalah skripsi dan jadwal ngetrip. Saking banyaknya jadwal ngetrip sampai cakep cakep tapi masih jomblo. Susah ya cewe bekpeker dapet pacar. Dia adalah tipe cewe yang jadi dambaan semua backpacker. Nawarnya jago cui. Barang yang mahalnya kebangetan sampe sampe keluarga cendana pun ga mampu beli bisa ditawar gila gilaan sama doi. Boleh??

Si Nuqee ini adalah satu satunya travelmate gw selama 8 hari ke depan. Sebenernya ada lagi yaitu  si NK alias Nur Karmawan, akan tetapi cowok imut dan cute ini ketinggalan kapal ke Togean gara gara pesawatnya delayed. Jadinya gw akan menghabiskan waktu di Sulawesi bersama kebun wortel yang wangi ini.

Di Manado kita dijemput Om Santo. Host yang didapat Nuqee dari CS ini ternyata seorang dokter yang sedang mengambil spesialisasi Rehab Medik. What?? Sungguh kebetulan. Gw dapet host yang kerjaanya masih 1 bidang ma gw. Jadinya selama di rumah dan di jalan beliau selalu bertukar pikiran ma gw. Ngetrip sambil nambah ilmu di kasih makan pula. Menu kita siang ini adalah ayam daun lelem. Daun lelem ini katanya hanya ada di Manado, rasanya mirip daun kemangi campur daun jeruk. Ajiiibb...


Hari itu juga setelah naro tas ke tempat Om Santo gw langsung menuju terminal yang gw lupa namanya. Disitu gw ketemu dengan (lagi lagi) temennya Nuqee bernama Tape. Hah? Tape??ga salah tuh namanya?? Oooohh...maap salah denger, namanya Tepi (pake i bukan u ya..). Tepi adalah anak gunung dan seperti anak gunung kebanyakan, gayanya mantap. Celana panjang gunung, kaos gunung, sendal gunung dan bulu lebat rambut panjang menjadi ciri khasnya. 

Begini rutenya. Dari Manado kita harus naek bus menuju terminal Tomohon seharga6000/orang. Lalu dari terminal Tomohon kita naek angkot menuju Danau Linow. Bilang aja "bang torang turun di danau linow ya!!". 
Begitu sampe,turun dan bayar 3000/orang aja. Yang menarik dari angkot di Manado adalah tempat duduknya yang menghadap depan. Ga kayak angkot di Jakarta yang menganut formasi 2-6-4.
naik angkot yg tulisannya kayak gini..

angkot ala taxi..
Begitu turun kita disambit eh, disambut papan nama "Danau Linow". Eits, jika kalian kira sudah sampe maka kalian salah. Dari sini kita harus berjalan kaki sejauh kira kira 1 km lagi untuk mencapai danaunya. Tapi begitu sampe kelelahan berjalan kebayar kok. Danau yang hijau berpadu cantik dengan hujaunya hutan dan sedikit asap yang mengepul. Yup, karena danau ini danau belerang ma akan ada sedikit asap dan gelembung yang berasal dari belerang. Warna hijau danau pun berasal dari belerang.



Tepi, nuqee and me..

Saran dari gw. Kan disana ada tempat yang bayar 25rbu untuk masuk, JANGAN MASUK!!! karena klo lo seorang bekpeker duit segitu bisa buat makan sampe muntah. Lebih baik lo maju dikit lagi nglewatin gazebo sampe ketemu warung. Disitu ada jalan turunan kecil, lo masuk aja. Paling disuruh bayar seiklasnya. Gw sih bayar cuma 5ribu karena gw iklasnya cuma segitu. Hahahaha.. *lanjuut.



Ga terasa udah sore aja. Waktu terasa begitu cepat disini. Yaialah jamnya juga lebih cepet sejam kok daripada waktu Jakarta. Kita harus balik klo gamau kemaleman. Tapi ternyata di Tomohon sedang ada acara perayaan panen, jadi banyak orang datang ke gereja untuk merayakannya. Dan efeknya adalah semua angkot menuju terminal penuuuh. Untung kita ketemu Oma yg baik saat menunggu angkot. Kita dibolehkan duduk duduk di warungnya sambil nunggu angkot. Sayang banget ga ditawarin makanan gratis di warungnya. *ngareeep.*

Setelah beberapa saat si Oma aktif nyetopin mobil mobil angkot maka kita pun dapet angkot walau harus berdesakan. Biaya angkot pulang sama dengan biaya pergi. Darisini ke terminal membutuhkan waktu 30menit, sedangkan dari terminal Tomohon ke Manado jarak tempuhnya sekitar 1 jam.

Sesampainya di Manado kita ketemuan kembali sama Om Santo. Malam itu jadwalnya tur keliling kota. Ternyata Manado ga sebesar bayangan gw. Coba Mak Erot ada disini, pasti Manado bisa lebih besar lagi. Kata Om Santo kota ini masih minim listrik, terlihat dari ga terangnya spot spot indah yang bisa dijadikan objek poto. Terlihat Zero Point dan Pohon Natal tertinggi malah gelap tanpa lampu.

Hal lain yang menarik darisini adalah kontur jalannya. Selain rumit kayak labirin kontur jalan disini adalah banyaknya tanjakan dan turunan. Padahal di dalem kota. Tempat Om Santo pun ada ditengah tanjakan dan turunan itu. Daerah rumahnya lebih dikenal orang sebagai "Gang Doger". Konon dulu orang orang sini gabisa liat anjing nganggur, bawaanya pengen dibunuh aja. Buat apa? Buat dimakaannn..Syaratnya ga boleh ada darah yg keluar karena rasa dagingnya akan pahit. Cara membunuhnya adlaah dengan dipukul kepalanya berkali kali atau diracun sampai mati.. *huuueekk*

Ga butuh waktu lama untuk muter muter Manado. Kita akhirnya kembali ke rumah Om Santo. Akhirnya petualangan di hari pertama selesai. TAPIII..ini baru hari pertama..Masih ada 7 hari lagi sampai gw balik ke Jakarta. So, jangan jangan ganti channel ngana jo..

Trip Now, Think Later..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar